Menghitung Koefisien Gini dengan MS Excel

Sebagai kelanjutan tulisan saya sebelumnya, kali ini saya akan mensimulasikan penghitungan koefisien Gini dengan menggunkan MS Excel. Dalam hal data yang digunakan adalah data pengeluaran bukan data pendapatan sebagaimana data-data yang tersedia pada publikasi BPS yaitu data penduduk dan rata-rata pengeluaran per kapita penduduk dari hasil Susenas Panel 2010. Berikut langkah-langkah penghitungannya:

1. Input Data
Input data adalah jumlah penduduk dan rata-rata pengeluaran per kapita penduduk (Rp/kapita/bulan) menurut golongan pengeluaran per kapita sebulan

2. Proses Penghitungan
Langkah 1. Menghitung kumulatif proporsi penduduk (Xk)

Langkah 2. Menghitung jumlah pengeluaran

Langkah 3. Menghitung proporsi kumulatif pengeluaran (Yk)

Langkah 4. Menhitung Xk – Xk-1

Langkah 5. Menghitung Yk + Yk-1

Langkah 6. Menghitung (Xk – Xk-1)(Yk + Yk-1)

Langkah 7. Menghitung G1

Jadi, berdasarkan perhitungan tersebut, koefisien Gini (G1) untuk Provinsi Sumatera Selatan tahun 2010 adalah 0,324. Angka ini akan sedikit berbeda dengan penghitungan yang menggunakan data mentah Susenas.

Pada kesempatan berikutnya saya akan menunjukkan cara menghitung koefisien gini menggunakan data mentah Susenas baik menggunakan MS Excel, SPSS maupun software DAD.

Selamat mencoba

Posted on 14 January 2012, in Kemiskinan, Ketimpangan Pendapatan, Statistika Terapan. Bookmark the permalink. 55 Comments.

  1. Terima kasih, sangat bermanfaat sekali. Salam PIA 🙂

  2. bisa share tentang contoh penghitungan pemerataan pendapatan versi bank dunia ga bro?

  3. tq bro, ini sngt membantu sy………. slm knl, Marlin.

  4. z di beri pekerjaan buat ngitung angka gini ma bos. sdkit bertanya tanya.itu cara hitungnya gmna ya. stlah share disini semua akan baik baik sja..thank’s bro….salam dri yuta di SULTRA

  5. Halo saya mau bertanya, apakah koefisien gini dapat bernilai negatif? Thankyou 🙂

  6. untuk mencari xk itu di rumus d8+b9=b$17 nah b$17 itu yang mana ya ? trimakasih

  7. saya mau tanya beda ya kofisien gini dan index gini itu apa ya ? lalu kalau data yang di ketahui hanya distribusi pendapatan saja apa bisa menghitung kofisien gini ? trima kasih

  8. nizhar_economics10

    saya mau tanya untuk menghitung koefisien gini kan harus ada data jumlah penduduk menurut kelompok pengeluaran beserta rata-rata pengeluaran/kapita/rp tapi untuk saat ini saya binggung untuk rata-rata pengeluarannya, apaka dihitung sendiri atau ada datanya memang di BPS karna untuk BPS SUL-teng tidak ada rata-ratanya untuk tingkat kab/kota kalau dihitung sendiri caranya bagaiman?…. terima kasih

  9. sukron mas fahar…sangat membantu…bos nyuruh ngitung gini ratio

  10. Assalamualaikum, pak….maaf, menanyakan tentang penghitungan koefisien gini. Perhitungan koefisien gini dari data yg saya miliki kenapa memiliki hasil negatif ya?
    Mohon bantuannya. Atas perhatiannya tks

  11. salam pak.
    data alternatif apa yang digunakan untuk menghitung rasio gini jika di bps kota tidak menyediakan data pengeluaran penduduk ??
    terima kasih pak

  12. pak boleh minta tolong di kirim file excelnya, saya mau belajar. terima kasih

  13. g1 nya dapat drman mas? trmksh.

  14. bro saya mau nanya ni untuk keperluan skripsi, kalau rumus gini Rasio yang manual apa ya? trus itu kenapa pake pengeluaran gak pake pendapatan perkapita. saya gunakan gini rasio untuk mengukur ketimpangan pendapatan

  15. Bro itu rumus L17 apa ya?

  16. saya mau bertanya tu cara mendapatkan rata* pengeluaran c8-c15 dari mana ya..?
    trimakasih…

  17. Pak, kolom i7 itu didapat dari mana? Average atau sum down?

  18. Muhammad Syaiful

    Terima kasih atas sharing ilmu-nya mas fahar, sangat bermanfaat…

  19. Taufik Hidayat

    Untuk menghitung kemiskinan dgn SPSS gmn caranya pak?

  20. Taufik Hidayat

    Datanya masih pakai Row data dari Susenas juga, sm dengan row data yg bapak pakai dari sumsel itu..

  21. saya mau bertanya pak, kenapa yang dihitung itu proporsi tingkat pengeluarannya y? dalam beberapa sumber saya cari tahu bps juga seperti itu. kenapa yang dihitung bukan proporsi pendapatan masyarakat y? mohon pencerahan….

  22. Ass. pak maaf apa saya boleh minta file excel nya? tolong dikirim ke email aanahalimatus@yahoo.com terimakasih banyak pak, semoga sukses selalu

  23. boleh tolong share file excel nya pak? email saya wibiaqilmiea@gmail.com
    Terima kasih banyak pak…

  24. Terima kasih P Haji Fahar. Sangat membantu dan bermanfaat. Tambah ilmu. semoga Barokah Ilmunya

  25. Assalamu alaikum pak, maaf bisa saya minta file excelnya. Kalau boleh ini alamat email saya hasma2ibrahim@gmail.com

  26. Assalamu alaikum pak, mau tanya data xk dan gk awal, di dapat dari mana? Makasih pak

  27. dapat data awalnya drimna ya bang?

  28. Tnya sdikit lo jumlah penduduk itu didapat dari junlah penduduk itu didapat dari jumlah per kecamatan?

  29. Saya sudah kirim datanya mohon bantuannya , saya msih belum paham jumlah penduduk itu berdasarkan kecamatan provinsi yang dikaji?

  30. Marthen Lona

    Slmt malam pak..mhn maaf seblmnya..mau tanya pak, pada langkah ke 7 diatas khususnya kolom 9 dapatnya dari mana pak saya susah carinya pak. Mhn penjelasannya. Trmksh

  31. BAPPEDA KAB. BANGGAI LAUT BID. EKON SOSBUD

    Boleh saya minta file excelmnya Pak. Jika berkenan email saya: jumantolailandin@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya

  32. Dhiya Ulkhaq

    Bagaimana cara membagi kelas pengeluarannya Pak? Terima kasih

    • Semakin banyak kelompoknya semakin bagus. Lebih baik jika lebar masing2 kelompok sama, batas atas kelompok dikurangi batas bawah sama. Tetapi tentu saja disesuaikan dengan ketersediaan datanya. Terima kasih

  33. Minati Vika sari

    izin bertanya pak, dapat data rata rata pengeluaran bagaimana ya pak ? saya sangat kebingunan pak mohon bantuannya jawaannya pak 🙂
    saya lagi belajar untuk memahami pak, utuk mencari data skrpsi saya. kedala saya beelum paham di bagian rata rata pengeeluaran

  34. terima kasih untuk penjelasannya pak,
    jika berkenan saya minta tolong untuk dikirimkan file perhitungannya ke email saya (nur_widi_astuti@yahoo.com). tks

  35. Bisa nggak saya lihat datanya. Kalo bisa tolong kirim ke fahar26@gmail.com

  36. Ok mohon bantuannya

  1. Pingback: Catatan Penting dalam Menghitung Gini Ratio dengan Data Berkelompok | Statistics Solution

Leave a comment